Cara Membuat Video Conference Di Google Meet

Selain Zoom, alternatif lain yang dapat digunakan untuk melakukan video conference adalah Google Meet. Google Meet adalah solusi yang diberikan oleh Google untuk membantu masyarakat menyelenggarakan rapat online. Fitur Google Meet ini sebelumnya hanya tersedia di G suite, tapi semenjak pandemi ini google menyediakan layanan ini secara gratis dengan peserta hingga 250 orang dan tidak memberikan batasan waktu.

Satu kelebihan dari Google Meet yang kami sukai adalah tidak ada keperluan untuk mendownload aplikasi atau software tambahan apapun di Komputer kita. Yang kita butuhkan adalah web browser modern di desktop atau laptop, terlepas dari sistem operasi yang digunakan di laptop anda, selama web browsernya mendukung untuk google meet maka kita bisa membuat rapat online.Meskipun tanpa install software tambahan apapun, fungsi dan fiturnya cukup lengkap, sama seperti Zoom, Google Meet juga memiliki fitur seperti share screen, chat dan masih banyak lagi. Integrasi dengan Google Calendar juga menjadi faktor unggulan dari Google Meet, sangat membantu kita untuk melakukan panggilan rapat sekali klik.

Google meet dapat dinikmati secara cuma cuma untuk pengguna yang sudah memiliki akun Google, berikut ini adalah cara menggunakan Google Meet di laptop :

  1. Buka meet.google.com Browser favorit anda
  2. Lakukan Login ke Akun Google anda
  3. Pilih Mulai Rapat (New Meeting) atau jika orang lain sudah membuat room anda dapat memilih 'Gabung ke rapat'.
  4. Atur mikrofon dan kamera untuk memberikan izin akses.
  5. Setelah masuk ke video, Anda bisa mengklik 'Gabung sekarang' dan bisa menyalin kode untuk mengundang peserta lain.

 

Cara Mengundang Orang Lain dalam Rapat

Google Meet menyediakan beberapa cara yang dapat di gunakan untuk membantu anda mengundang orang lain ke dalam rapat. Yaitu :

  1. Dengan 'Salin Info Akses', anda akan mendapatkan link dan info mengenai rapat yang sedang anda selenggarakan. Link tersebut dapat kirimkan kepada anggota rapat melalui aplikasi chatting seperti whatsapp, telegram atau lainnya.
  2. Dengan 'Tambahkan orang' anda dapat menambahkan orang dengan masukkan alamat email. Akun G suite memiliki fitur tambahan yang dapat mengundang orang lain berdasarkan nomor telpon.
  • November 17, 2020
  • admin