Cara Menggunakan Zoom Cloud Meeting Di Laptop

Aplikasi Zoom sangat membantu selama masa pandemi seperti ini, teman teman dari berbagai profesi mulai dari guru, dosen, pekerja kantoran atau mahasiswa sekalipun hampir semua terbantu dengan kehadiran cloud meeting seperti zoom ini.  Untuk mendukung kelancaran pekerjaan, perkantoran memanfaatkan aplikasi zoom untuk rapat virtual. Tak hanya digunakan untuk acara atau kegiatan resmi, Zoom dapat digunakan untuk mengobrol bersama teman atau sekadar melepas rindu dengan orang yang kita sayangi.

Zoom adalah sebuah aplikasi atau software dengan layanan konferensi video berbasiskan cloud computing, secara singkat aplikasi ini memiliki fitur untuk membantu orang orang melakukan video call dengan banyak orang bahkan sampai ratusan peserta, sangat membantu sekali disaat kita tidak bisa bertatap muka dengan orang lain selama pandemi ini. Tidak hanya bisa berbincang bincang secara langsung walaupun virtual, pengguna juga bisa share monitor (share screen), share dokumen dengan peserta lain secara mudah.

Zoom sendiri dapat dinikmati secara gratis dengan batasan fitur dan waktu, versi gratis dari zoom hanya bisa menggunakan maximal 40 menit dengan 100 orang maximal kapasitas peserta untuk sekali rapat. Sedangkan versi berbayar dari zoom bisa  menikmati durasi yang lebih lama dengan fitur fitur tambahan lain.
Cara Menginstall ZOOM di PC / Laptop

Cara instal aplikasi Zoom di PC atau laptop sangat mudah, berikut ini adalah langkah langkah menginstall Zoom di PC atau laptop :

  1. Buka halaman download resmi di web zoom melalui web browser favorite anda, bisa Chrome, Microsoft Edge atau Firefox. Urlnya di https://zoom.us/download.
  2. Pilih 'Zoom Client for Meetings' dan klik tombol download. Browser akan menampilkan dialog box sebelum kita simpan file yang akan di download
  3. Buka Folder Download dengan klik di bagian 'Show In Folder' pada halaman download di web browser tadi, atau langsung run filenya dari halaman tersebut.
  4. Run Program.
  5. Zoom sudah terinstall, jika kamu belum pernah membuat akun Zoom sebelumnya anda dapat mendaftarkan diri menggunakan Google account atau email, jika sudah ada bisa login menggunakan details login yang anda miliki.

Nah, itu tadi langkah langkah menginstall aplikasi zoom cloud meetings di Laptop atau PC berbasis Windows. Gampang bukan? Nah, sekarang kita bisa melakukan video conference atau virtual meeting bersama rekan kerja atau teman teman.

  • November 12, 2020
  • admin