Cara Mudah Membuat Kwitansi Dengan Microsoft Word

Definisi Tanda Terima atau Kwitansi

Tanda terima atau lebih dikenal sebagai resi atau struk atau juga yang populer disebut kuitansi adalah bukti atau pengakuan tertulis yang menandakan sesuatu telah di transfer dari satu pihak ke pihak lain, dalam konteks ini pembeli dan penjual. Pembeli menerima tanda terima pada saat transaksi pembelian barang atau jasa selesai, tanda terima diterbitkan oleh penjual atau penyedia layanan. 

Dengan diserahkannya bukti pembayaran ke pembeli maka penjual telah mengakui pindah kepemilikan barang atau jasa ke pembeli. Berbagai macam bisnis mulai dari yang kecil sampai yang berskala besar mengeluarkan tanda terima atau resi untuk setiap transaksi agar transaksi menjadi sah.

Kegunaan Kwitansi

Selain sebagai bukti kepemilikan yang sah, tanda terima juga memiliki kegunaan lain yang membantu kedua pihak penyedia dan pembeli. Tanda terima bisa menjadi dokumentasi penting untuk alasan pembukuan bagi kedua belah pihak. 

Isi Sebuah Kwitansi

Sebuah tanda terima memiliki beberapa informasi mengenai transaksi dan secara umum berikut adalah hal apa saja yang ada di dalam sebuah resi :

  • Detail tentang perusahaan itu bisa berupa nama, alamat, alamat email, atau nomor telepon.
  • Nomer Kwitansi
  • Tanggal / Waktu Transaksi Terjadi
  • Nama Produk atau jasa yang di beli
  • Jumlah / Kuantitas
  • Deskripsi Produk atau Jasa
  • Pajak dan Diskon
  • Metode Pembayaran yang dipakai

Bagaimana Cara Membuat Kwitansi

Di era sekarang, terdapat banyak sekali jalan atau solusi yang dapat membantu kita membuat kwitansi.

Jika agar terlihat profesional akan lebih baik jika bentuk dan warna kwitansi di desain sendiri. Bahkan toko toko alat tulis menjual kwitansi kosong dimana kita bisa menggunakannya dengan mudah. Kekurangan dari kwitansi yang tersedia di toko adalah kita tidak bisa memodifikasi isi / bagian yang ada.

Kita juga bisa membuat sendiri kwitansi kita dengan logo perusahaan dan desain yang sesuai dengan profil perusahaan. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa cara untuk membuat resi dengan microsoft Word.

Terlepas dari cara mana yang akan dipakai, pastikan elemen elemen penting pada kwitansi lengkap agar dokumen menjadi sah.

  1. Buka Microsoft Word, dari menu File kemudian klik New dan kita akan disuguhi banyak pilihan templates yang tersedia baik dari Office.com templates atau bukan.
  2. Di kolom pencarian, kita masukkan keyword "receipt" untuk mendapatkan template kwitansi dari office.com. Microsoft Word akan menampilkan hasil pencarian mereka dan setelah itu kita dapat memilih salah satu template mereka.

    Untuk sample hari ini, kita akan memilih "Sales Recipt" dengan klik tombol download di bagian kanan bawah.

    Cara Membuat Kwitansi Dengan Ms Word
  3. Selanjutnya, kita bisa ubah beberapa detail terlebih dahulu seperti nama perusahaan, tanggal pembuatan kwitansi, logo kwitansi dan alamat perusahaan tersebut.
    Cara Membuat Kwitansi - Ubah Logo
  4. Selanjutnya kita bisa edit bagian tabel untuk menampilkan informasi barang atau jasa apa saja yang telah dibeli. Tabel biasanya berisi 5 sampai 6 kolom untuk Nomor, Nama Barang, Kuantitas, Harga Satuan dan Jumlah. Untuk Row nya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau jumlah barang yang dibeli. Kita mulai memasukkan details barang atau jasa beserta kalkulasi biayanya di tabel.
    Ubah Tabel
  5. Di Bawah Tabel kita bisa edit nama toko kita dan pesan terimakasih.

Secara keseluruhan kwitansi sudah dibuat, sekarang kita tinggal merapikan tabel dan mengisi kwitansi sebelum mencetak dokumen tersebut.

Mudah bukan ?

  • November 13, 2020
  • admin