Panduan Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Di Microsoft Word

Hello kawan, hari ini kami ingin berbagi cara membuat Daftar Isi secara otomatis di program Microsoft Word. Membuat daftar isi dapat menjadi pekerjaan yang menyebalkan, apalagi ketika terdapat revisi, kita harus bolak balik ke halaman atas untuk menulis daftar isi sesuai halaman yang dimiliki. Daftar isi sebenarnya dapat dibuat secara otomatis dengan salah satu fitur di Microsoft Word, tapi mungkin tidak banyak diketahui karena banyaknya fitur yang dimiliki oleh Microsoft Word itu sendiri.

Daftar isi adalah salah satu bagian penting dalam laporan, makalah, buku atau skripsi yang membantu pembaca dalam pencarian topik atau bahasan sesuai dengan halaman. Daftar isi sangat membantu pembaca menemukan halaman yang dimaksud dengan cepat. Yuk, mari kita kupas tuntas cara menambah daftar isi di Microsoft Word. Berikut adalah panduan lengkapnya :

 

  1. Buka Microsoft Word.
  2. Siapkan Heading pada tiap topik atau sub topik di dokumen tersebut. Kita dapat menggunakan bantuan Style Panel di menu Home untuk mempercantik tampilan heading.
  3. Arahkan Kursor di bagian yang kosong atau di bagian yang anda inginkan untuk menjadi halaman Daftar Isi.
  4. Menuju Menu bar dan click Reference dan klik tombol Daftar Isi (Table of Content).
  5. Pilih salah satu model Daftar Isi yang sesuai kebutuhan.
  6. Judul dan Sub judul yang kamu buat langsung hadir sebagai Daftar Isi.

 

Catatan :

Microsoft Word mengenali secara otomatis judul dan sub judul pada dokumen yang sedang kita kerjakan, cara kerjanya adalah melihat perbedaan ukuran text antara isi dan judul atau sub judul. Untuk membantu Microsoft Word mengenali perbedaan antara text paragraf dengan judul atau sub judul kita dapat mengatur style heading di menu Home yang sedang kita kerjakan. Kita bisa edit lagi Judul dan sub judul nanti, yang penting, dokumen memiliki hirarki judul dan sub judul terlebih dahulu.

Tips cara memperbarui Daftar Isi secara otomatis?

Ada kalanya kita perlu merevisi content pada halaman yang sudah kita kerjakan dan menambah satu atau dua pokok bahasan di dokumen tersebut. Menariknya kita tidak perlu mengedit secara manual table of contents atau daftar isi yang sudah kita buat tadi. Berikut adalah panduan untuk memperbarui Daftar Isi secara otomatis.

  1. Pastikan paragraf tambahan yang baru saja dimasukkan memiliki heading.
  2. Klik Menu Reference di Menu bar atas.
  3. Klik Opsi Update Table di sebelah Icon Table of Content.
  4. Klik Update Entire Tables, lalu OK.
  5. Daftar Isi akan tampil diperbaharui.

 

 

Daftar isi otomatis akan sangat membantu kita untuk bisa mengerjakan segala laporan dengan sangat cepat dan praktis. Semoga tutorial yang kami bagikan ini berguna kedepan saat anda mengerjakan laporan atau skripsi.

  • November 14, 2020
  • admin