Tips Melamar Pekerjaan Secara Online

Perkembangan zaman disaat ini memungkinkan kita mencari pekerjaan secara online dengan mudah. Di era ini, kita tidak perlu lagi menunggu informasi muncul di media seperti koran atau televisi, segala informasi dapat langsung dicari hanya dengan menggunakan internet, termasuk informasi lowongan pekerjaan. Kita dapat menjumpai banyak sekali lowongan pekerjaan di platform-platform seperti jobstreet.com, atau jobsdb.com, dan proses pengajuan lamarannya bisa hanya dengan mengirimkan CV lamaran via email perusahaan atau langsung lewat platform/ website tersebut.

Dengan kemudahan teknologi, tidak semerta merta kita bisa mendapat posisi yang kita ingini dengan gampang, tentu kita bukan satu-satunya kandidat. Oleh karena itu, penting bagi kita untukĀ  mengetahui kiat kiat yang dapat memaksimalkan peluang mengalahkan kandidat lainnya. Hari ini, kami ingin membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan peluang dalam mencari pekerjaan secara online.

 

Mempersiapkan Data dengan Melakukan Riset

Riset yang dimaksud disini adalah penelitian yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan tersebut. Anda dapat memulai mencari tahu informasi/ deskripsi tentang pekerjaan, apakah kualifikasi dan syarat sesuai yang dibutuhkan, masih validkah lowongan tersebut dan juga mencari tahu data apa saja yang dibutuhkan dalam surat lamaran. Secara umum pengajuan lamaran kerja membutuhkan data seperti Curiculum Vitae atau profil diri, namun tidak ada salahnya melakukan riset mengenai ini sebelum apply

Mempersiapkan CV dan Cover Letter

Pada umumnya, perusahaan meminta para pelamar melampirkan CV dan cover letter . Pastikan CV dan cover letter dibuat dengan tepat dan bebas dari kesalahan ketik, dengan begitu, perusahaan bisa lebih yakin bahwa kamu adalah kandidat yang tepat. Tips lainnya adalah kita tidak perlu memadati CV atau Curriculum Vitae dengan hal hal yang "kurang penting", buat itu singkat dan jujur, jangan ada yang dilebihkan.

Sering kali, CV digunakan sebagai alat untuk memamerkan kemampuan dan prestasi kita yang berakibat CV menjadi terlalu padat dan sulit untuk menampilkan kemampuan yang menonjol. Pastikan CV di isi dengan informasi dan pengalaman yang relevan yang dapat menguatkan anda sebagai kandidat yang tepat. Sebagai contoh, kita hanya perlu menuliskan riwayat pendidikan SMA dan Kuliah, tidak perlu memasukkan riwayat dari TK sampai SMP.

Pasang foto Terbaik

Pasang foto terbaik di CV yang kamu kirim, pastikan fotomu nampak natural dan professional dan hindari menggunakan filter yang terlalu over di foto kamu. Kenakan pakain formal dan rapi dalam foto ini akan menjadi nilai tambah di mata HRD.

Jangan Cepat Putus Asa

Dalam hal lamaran pekerjaan online, kita dituntut memiliki mental yang kuat, yang tidak mudah putus asa. Ketika sudah mencoba di satu atau dua perusahaan dan belum ada hasil positif sama sekali, tetap mencoba melamar di peluang yang lain.Dan apabila kita ternyata dipanggil untuk melakukan test dan sesi wawancara, pastikan semua hal dipersiapkan secara baik agar mendapat hasil yang sesuai ekspektasi.

Selamat mencoba!

  • November 8, 2020
  • admin