Tutorial Membuat Undangan Pernikahan Menggunakan Canva

Hello, apa kabar semua? Semoga baik baik saja walaupun dalam suasana pandemi seperti ini. Hari ini kami akan share tutorial atau cara mempersiapkan undangan pernikahan menggunakan aplikasi di Handphone android kita.

Seiring berjalannya waktu, undangan pernikahan mengalami perubahan yang signifikan, terutama selama pandemi seperti ini. Banyak calon mempelai mulai memilih undangan digital daripada undangan fisik. Salah satu keunggulan undangan digital adalah bisa dikirim melalui aplikasi chatting atau disebar di media sosial, tanpa perlu biaya tambahan untuk melakukan pengiriman nya.

Salah satu aplikasi yang paling populer untuk membuat undangan digital adalah aplikasi Canva. Canva sangat populer untuk mencurahkan kreasi kita dalam undangan pernikahan.

Sedikit Tentang Canva

Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang cukup populer yang tersedia di Desktop ataupun handphone. Canva memiliki banyak fitur dan berbagai macam template untuk di edit, seperti kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi.

Canva dimulai sejak tahun 2012 dan didirikan oleh Melanie Perkins. Canva mempunyai kurang lebih 10 juta pengguna aktif di 169 negara.

Langkah Langkah Mendesain dengan Aplikasi Canva

  1. Install Canva

Pastikan aplikasi canva sudah terinstall di handphone android anda. Jika belum, anda perlu masuk ke PlayStore di handphone android anda dan cari aplikasi Canva dengan mengetik keyword Canva.

2. Login

Canva menyediakan beberapa pilihan untuk login, kita bisa mendaftar atau login menggunakan akun Facebook, Google atau email saja. Opsi paling mudah adalah mendaftar menggunakan Google Account saja.

3. Pilih Template

Setelah login, kita akan disuguhi dengan tampilan Homepage Aplikasi Canva. Kita bisa memulai cari template yang akan kita gunakan untuk undangan pernikahan yang ingin dibuat.

Masukkan keyword "wedding" di search box bagian atas, setelah itu Canva akan menyajikan hasil penelusuran dengan template yang tersedia. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar

Dalam tutorial ini kami menggunakan template berikut, untuk mulai mengedit, kita klik atau tap gambarnya.

4. Mulai Editing

Kita memasuki tahap editing template, halaman ini adalah tempat dimana kita bebas mengedit template yang kita pilih tadi. Template memiliki beberapa bagian yang bisa di edit seperti nama pasangan, judul dan lain lain.

5. Simpan Sebagai Gambar atau PDF

Setelah kita puas dengan design undangan pernikahannya, kita dapat mengunduh dan mempublikasikan undangan dengan berbagai pilihan tipeĀ file undanganmu. Klik tombol download di menu bagian kiri atas screen handphone kita.

Canva memberikan beberapa opsi file format untuk desain kita, yang paling universal adalah file format JPEG, atau PNG atau bisa juga di save sebagai PDF.

That's all. Itu tadi cara membuat undangan yang simple menggunakan Canva. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat ya dan jangan lupa share ya :)

  • November 11, 2020
  • admin