Tutorial Menambahkan Watermark Di Dokumen Microsoft Word

Watermark atau tanda air adalah salah satu cara menampilkan suatu gambar, atau teks ke dalam data digital secara samar samar. Watermark biasanya diletakkan di belakang atau di depan suatu konten secara samar-samar  untuk menegaskan sifat dokumen atau pemilik dari dokumen tersebut agar tidak disalah gunakan. Watermark dapat digunakan untuk memberikan info bahwa teks yang sedang dibaca tersebut merupakan hasil karya dari seseorang atau lembaga tertentu.

Banyak manfaat watermark yang dapat didapat, beberapa manfaat nya adalah :

  1. Tamper-proofing
    Dengan watermark, kita dapat menegaskan bahwa dokumen asli sudah diedit atau di revisi.Watermark disini digunakan sebagai pertanda bahwa dokumen sudah mengalami perubahan dari aslinya. sehingga, orang lain yang membuka dokumen tersebut akan mengerti bahwa dokumen itu sudah di edit.
  2. Label Copyright
    Watermark disini digunakan untuk menampilkan hak cipta dari sebuah dokumen.
  3. Promosi
    Dengan adanya watermark di konten digital kita, terutama watermark berupa logo atau nama, brand atau nama usaha kita dapat diketahui oleh banyak orang.

Watermark biasanya diletakkan pada bagian kiri atau kanan bawah dari sebuah konten digital, namun tidak sedikit juga yang meletakkannya di tengah-tengah dengan tampilan samar-samar agar tidak terlalu mengambil space pada konten digital tersebut.

Watermark dapat ditambahkan ke foto dengan aplikasi editing foto seperti Photoshop, Snapseed dan sebagainya. Sedangkan untuk dokumen dalam format Word dapat di edit langsung di Microsoft Word. Penasaran ya dengan caranya? Yuk cek langkah langkah nya dibawah ini :

Cara Membuat Watermark di Microsoft Word

  1. Buka dokumen Word yang ingin akan ditempeli Watermark.
  2. Masuk bagian tab Design, pilih Watermark yang ada di bagian kanan atas, untuk Microsoft Word versi 2010 kebawah, menu tersebut dapat di temukan di  menu page layout kemudian watermark.
  3. Lalu, Microsoft Word akan menampilkan beberapa style Watermark yang sudah dapat digunakan, kita bisa langsung pilih dan klik salah satu Watermark untuk melihat hasilnya.
  4. Secara otomatis Microsoft Word akan menambahkan Watermark yang Anda pilih sebelumnya.

Cara Menghapus Watermark Dari Dokumen

  1. Word 2007 dan 2010: klik tab Page Layout, di bagian Page Background, klik Watermark. Untuk Microsoft Word versi 2013 ke atas: pilih tab Design, di bagian Page Background, pilih Watermark.
  2. Klik Remove Watermark.

 

Itu tadi cara menambah atau menghapus watermark di word dengan mudah dan paling praktis. Selamat Mencoba dan semoga membantu.

 

  • November 18, 2020
  • admin