Tutorial Mudah Melakukan Live Streaming Zoom Ke Youtube

Hello kawan, hari ini kita akan membahas cara live streaming Zoom ke Youtube. Aplikasi zoom menjadi populer di masa pandemi seperti ini, seiring bergesernya cara orang bertemu untuk memutus rantai pandemi ini. Mulai bulan maret sampai saat ini, banyak kantor mulai menggunakan media internet untuk rapat, webinar dan lain sebagainya.

Zoom memberi kita fitur untuk live streaming video conference atau webinar yang kita buat ke Facebook atau Youtube. Ini sangat membantu untuk menampung viewers yang lebih dari 100 orang. 100 orang masuk pada aplikasi zoom, sedang selebihnya bisa menjadi penonton melalui Channel youtube atau akun facebook.

Di bawah ini, kami akan share cara live streaming Zoom ke akun Youtube, tapi sebelum itu kita harus memenuhi beberapa syarat supaya live streaming dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Live Streaming

  1. Akun Zoom minimal versi Pro (berbayar) untuk Host
    Fitur live streaming hanya tersedia pada zoom versi pro ke atas. Pastikan akun yang akan menjadi host di webinar ini sudah di upgrade minimal ke versi Pro.
  2. Akun Youtube yang sudah bisa digunakan Untuk Live Streaming
    Tidak semua akun youtube langsung bisa melakukan live streaming, pastikan anda login ke akun youtube dan mencoba live streaming. Youtube biasanya melakukan verifikasi nomor handphone dengan durasi 24 jam sebelum akun youtube anda bisa digunakan untuk live streaming.
  3. Delay
    Akan terjadi delay atau perbedaan beberapa menit antara waktu tayang di zoom dan yang disaksikan di channel youtube.

Langkah Langkah Live Streaming Webinar Zoom ke Youtube

  1. Aktifkan Fitur Live Streaming Meetings
    Secara default, fitur Live Streaming Meetings dalam posisi non-aktif dan di sini kita akan mengaktifkan fitur tersebut. Langkahnya cukup mudah, kita login di web zoom (https://zoom.us/) dan masuk di settings. Cari sub judul In Meeting (Advanced) dan setelah anda menemukan text tersebut anda juga akan melihat tombol on/off di sampingnya. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, and cuma perlu geser pada posisi on: Allow live streaming meetings. dan pastikan Youtube dan Facebook tercentang.
  2. Siapkan New Meeting atau Schedule di Aplikasi Zoom
    Untuk mencoba fitur Live on Youtube atau Facebook, anda dapat membuat meeting baru melalui aplikasi zoom di desktop anda. Setelah meeting terbuat, anda dapat menemukan tombol live on Youtube di menu bawah, lebih tepatnya di bagian "More".
  3. Mengatur Tampilan di Live Streaming Youtube
    Setelah fitur live streaming di click, zoom akan membawa anda ke halaman baru di web browser anda untuk mengatur tampilan live streaming di Youtube. Beberapa settingnya adalah Judul Live Streaming, Aturan Privacy tentang siapa saja yang boleh melihat dan sebagainya. Setelah selesai melakukan pengaturan, anda akan dibawa ke halaman live streaming di Youtube anda. Anda dapat share URL ke peserta atau social media untuk menjangkau sebanyak mungkin calon peserta.

 

Demikian terimakasih.

  • November 15, 2020
  • admin